History Piala Dunia

Minggu, 19 Januari 2014

History Piala Dunia



    Piala Dunia, adalah kompetisi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim sepak bola yang terdaftar anggota FIFA (Fédération Internationale de Football Association). Piala dunia ini diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak pertama kali piala dunia di selenggarakan yaiut pada tahun 1930, pada tahun 1942 dan 1946 piala dunia tidak diselenggarakan karena terjadi Perang Dunia ke II.  Piala dunia saat ini diikuti oleh 32 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara.
  
   19x Piala Dunia telah di selenggarakan. Brazil telah mendominasi dengan menjuarai Piala Dunia sebanyak 5x, Italia dengan 4x menjuarai piala dunia, Jerman Barat 3, Argentina dan Uruguay 2x menjuarai piala dunia, serta Perancis, Inggris dan Spanyol masing-masing 1x menjuarai piala dunia.
    
   Pertandingan sepak bola internasional pertama di dunia dimainkan di Glasgow pada tahun 1872 antara Inggris vs Skotlandia, yang berakhir imbang dengan skor 0–0. Turnamen sepak bola internasional pertama adalah British Home Championship, yang digelar pada tahun 1884.
  
   FIFA didirikan pada tahun 1904, FIFA menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional antar negara, turnamen ini digelar di Swiss pada tahunu 1906 tempat dimana FIFA di dirikan. Akan tetapi FIFA menjelaskan bahawa kompetisi ini adalah sebuah kegagalan,.
  
   Dalam Olimpiade London tahun 1908 sepak bola dijadikan sebagai kompetisi resmi. Direncanakan oleh Football Associaton (FA) yaitu badan pengatur sepak bola Inggris. Setelah dipertandingkan di Olimpiade dengan hanya diikuti oleh tim-tim amatir, Sir Thomas Lipton menggagas penyelenggaraan turnamen Sir Thomas Lipton Trophy di Torino pada tahun 1909. Turnamen Lipton merupakan kejuaraan antartim individu (bukannya tim nasional) dari berbagai negara berbeda, dengan satu tim mewakili satu negara. Kompetisi ini kadang disebut dengan Piala Dunia Pertama, yang diikuti oleh klub-klub profesional paling bergengsi dari Italia, Jerman, dan Swiss
 
Pada tahun 1914, FIFA setuju untuk mengakui turnamen Olimpiade sebagai "kejuaraan sepak bola dunia bagi tim amatir", dan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pertandingan tersebut. Hal ini membuka jalan bagi penyelenggaraan kompetisi sepak bola antarbenua pertama di dunia, yakni dalam Olimpiade Musim Panas 1920, yang diikuti oleh Mesir dan tiga belas tim Eropa, dan dimenangkan oleh Belgia Uruguay memenangkan dua turnamen Olimpiade berikutnya pada tahun 1924 dan 1928. Dua ajang terakhir juga menjadi kejuaraan dunia terbuka pertama, dan oleh sebab itu 1924 adalah awal dimulainya era profesional FIFA.
   
 Trophy Piala dunia pertama atau disebut Piala Jules Rimet dibuat oleh seorang perupa Perancis bernama Abel La Fleur, berbentuk oktagonal berlambangkan bumi. Piala ini dibuat dari emas, mempunyai berat 3.8 kg dan tinggi 35 cm.  
 
Piala Jules Rimet

    Kemudian FIFA membuat piala dunia baru dengan tinggi 36 cm dan berat 4.97 kg dengan menggunakan emas 18 karat,  dan dirancang oleh perupa terkenal Italia, Gazzaniaga Silvio. Piala ini digunakan hingga sekarang.  

Piala Dunia 

Copyright © 2014 Go blog | Designed by Templateism